Selasa, 24 Februari 2015

Cara Membuat Film Sablon Manual

Sablon manual merupakan salah satu jenis sablon yang dapat diaplikasikan pada kaos. Tapi tau ga sih guys, ternyata mencetak gambar pada kaos dengan sablon manual ga semudah yang kita bayangkan. Setelah desain di cetak di kertas, kita perlu membuat film pada screen sablon manual. Yuk simak info Jangkrik T-shirt kali ini!


1. Bersihkan screen yang akan diafdruk dengan pembersih khusus atau kamu bisa gunakan kaporit dan soda api. Lalu keringkan screen yang telah bersih.


2. Campurkan sensitizer (botol kecil) dan emulsi (botol besar) secukupnya. Campuran ini disebut  juga obat afdruk. Aduk hingga rata kemudian diamkan sekitar 30 menit. 


3. Oleskan obat afdruk pada screen secara merata di bagian luar dan dalam. Kamu bisa menggunakan rakel untuk meratakan campuran emulsi pada screen.

4. Keringkan screen menggunakan kipas angin atau hair dryer. Jangan keringkan di bawah sinar matahari, sebab obat afdruk sangat sensitif terhadap matahari. Usahakan keringkan ditempat yang tertutup dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

5. Siapkan gambar desain yang sudah di print pada kertas. Basahi kertas desain dengan minyak sehingga kertas terlihat seperti kertas kalkir. Letakkan kertas di atas screen pada posisi tengah. Balik posisi screen lalu letakkan pada perangkat meja afdruk seperti gambar di bawah ini.


6. Letakkan busa di atas screen yang terbalik. Lalu tambahkan pemberat (bisa berupa batu atau alat lainnya). Sinari screen dengan lampu selama 4-7 menit atau kita dapat mengeringkan di bawah sinar matahari langsung selama 10-15 detik. Proses ini harus tepat waktu. Jika terlalu lama maka dikhawatirkan area screen yang harusnya bolong akan sulit dibersihkan obat afdruknya. Sebaliknya bila terlau sebentar area screen yang harusnya tetap tertutup obat afdruk akan mudah rontok ketika dilakukan penyemprotan. 

7. Setelah selesai basahi screen menggunakan air pada sisi luar dan dalam screen. Lalu semprotkan air pada sisi dalam dan luar screen hingga gambar pada pori-pori screen terbuka sempurna.

8. Keringkan screen di bawah sinar matahari atau gunakan hair dryer maupun kipas angin. 

9. Setelah kering, screen siap digunakan.



0 komentar:

Posting Komentar