Selasa, 15 Agustus 2017

9 HAL YANG HARUS DIKETAHUI TENTANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA


Pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari besar kemerdekaan bangsa Indonesia dan hari paling bersejarah negeri ini karena di hari itulah merupakan awal dari kebangkitan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan sekaligus penanda awalnya revolusi.


Namun, ada beberapa hal menarik seputar hari kemerdekaan negeri kita tercinta ini yang sayang jika belum Anda ketahui. Inilah 9 Fakta Menarik Tentang Proklamasi Indonesia.


1.Soekarno Sakit Saat Proklamirkan Kemerdekaan

Pada 17 Agustus 1945 pukul 08.00 (2 jam sblm pembacaan teks Proklamasi), ternyata Bung Karno masih tidur nyenyak di kamarnya, di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini. Dia terkena gejala malaria tertiana. Suhu badannya tinggi dan sangat lelah setelah begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Saat itu, tepat di tengah bulan puasa Ramadhan.
"Pating greges", keluh Bung Karno setelah dibangunkan dr Soeharto, dokter kesayangannya. Kemudian darahnya dialiri chinineurethan intramusculair dan menenggak pil brom chinine. Lalu ia tidur lagi. Pukul 09.00, Bung Karno terbangun. Berpakaian rapi putih-putih dan menemui sahabatnya, Bung Hatta.
Tepat pukul 10.00, keduanya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari serambi rumah. "Demikianlah Saudara-saudara! Kita sekalian telah merdeka!", ujar Bung Karno di hadapan segelintir patriot-patriot sejati. Mereka lalu menyanyikan lagu kebangsaan sambil mengibarkan bendera pusaka Merah Putih. Setelah upacara yang singkat itu, Bung Karno kembali ke kamar tidurnya; masih meriang. Tapi sebuah revolusi telah dimulai.


2.Upacara Proklamasi Kemerdekaan Dibuat Sangat Sederhana

Upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ternyata berlangsung tanpa protokol, tak ada korps musik, tak ada konduktor, dan tak ada pancaragam. Tiang bendera pun dibuat dari batang bambu secara kasar, serta ditanam hanya beberapa menit menjelang upacara. Tetapi itulah, kenyataan yang yang terjadi pada sebuah upacara sakral yang dinanti-nanti selama lebih dari 300 tahun!


3.Bendera dari Seprai

Bendera Pusaka Sang Merah Putih adalah bendera resmi pertama bagi RI. Tetapi dari apakah bendera sakral itu dibuat? Warna putihnya dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto!

4.Akbar Tanjung Jadi Menteri Pertama “Orang Indonesia Asli”

Setelah merdeka 43 tahun, Indonesia baru memiliki seorang menteri pertama yang benar-benar "orang Indonesia asli". Karena semua menteri sebelumnya lahir sebelum 17 Agustus 1945. Itu berarti, mereka pernah menjadi warga Hindia Belanda dan atau pendudukan Jepang, sebab negara hukum Republik Indonesia memang belum ada saat itu. "Orang Indonesia asli" pertama yang menjadi menteri adalah Ir Akbar Tanjung (lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 30 Agustus 1945), sebagai Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga pada Kabinet Pembangunan (1988-1993).

5.Kalimantan Dipimpin 3 Kepala Negara

Menurut Proklamasi 17 Agustus 1945, Kalimantan adalah bagian integral wilayah hukum Indonesia. Kenyataannya, pulau tersebut paling unik di dunia. Di pulau tersebut, ada 3 kepala negara yang memerintah! Presiden Soeharto (memerintah 4 wilayah provinsi), PM Mahathir Mohamad (Sabah dan Serawak) serta Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei).

6.Setting Revolusi di Indonesia Diangkat Ke Film

Ada lagi hubungan erat antara 17 Agustus dan Hollywood. Judul pidato 17 Agustus 1964, "Tahun Vivere Perilocoso" (Tahun yang Penuh Bahaya), telah dijadikan judul sebuah film - dalam bahasa Inggris; "The Year of Living Dangerously". Film tersebut menceritakan pegalaman seorang wartawan Australia yg ditugaskan di Indonesia pada 1960-an, pada detik2 menjelang peristiwa berdarah th 1965. Pada 1984, film yang dibintangi Mel Gibson itu mendapat Oscar untuk kategori film asing!

7.Naskah Asli Proklamasi Ditemukan di Tempat Sampah

Naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didikte oleh Bung Hatta, ternyata tidak pernah dimiliki dan disimpan oleh Pemerintah! Anehnya, naskah historis tersebut justru disimpan dengan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan draft proklamasi itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dini hari, setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik.Pada 29 Mei 1992, Diah menyerahkan draft tersebut kepada Presiden Soeharto, setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari.

8.Soekarno Memandikan Penumpang Pesawat dengan Air Seni

Rasa-rasanya di dunia ini, hanya the founding fathers Indonesia yang pernah mandi air seni. Saat pulang dari Dalat (Cipanasnya Saigon), Vietnam, 13 Agustus 1945, Soekarno bersama Bung Hatta, dr Radjiman Wedyodiningrat dan dr Soeharto (dokter pribadi Bung Karno) menumpang pesawat fighter bomber bermotor ganda. Dalam perjalanan, Soekarno ingin sekali buang air kecil, tetapi tak ada tempat. Setelah dipikir,dicari jalan keluarnya untuk hasrat yang tak tertahan itu. Melihat lubang-lubang kecil di dinding pesawat, di situlah Bung Karno melepaskan hajat kecilnya. Karena angin begitu kencang sekali, bersemburlah air seni itu dan membasahi semua penumpang.

9.Negatif Film Foto Kemerdekaan Disimpan Di Bawah Pohon

Berkat kebohongan, peristiwa sakral Proklamasi 17 Agustus 1945 dapat didokumentasikan dan disaksikan oleh kita hingga kini. Saat tentara Jepang ingin merampas negatif foto yang mengabadikan peristiwa penting tersebut, Frans Mendoer, fotografer yang merekam detik-detik proklamasi, berbohong kepada mereka. Dia bilang tak punya negatif itu dan sudah diserahkan kepada Barisan Pelopor, sebuah gerakan perjuangan. Mendengar jawaban itu, Jepang pun marah besar. Padahal negatif film itu ditanam di bawah sebuah pohon di halaman Kantor harian Asia Raja. Setelah Jepang pergi, negatif itu diafdruk dan dipublikasi secara luas hingga bisa dinikmati sampai sekarang. Bagaimana kalau Mendoer bersikap jujur pada Jepang (Source : Google, Wikipedia).



Kamis, 10 Agustus 2017

Semarak Merah Putih Untuk Fashion Style Agustusan Patut Dicoba Lho!


Demi menyambuat hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus biar fashion mu tambah Percaya Diri, Jangkrik Tshirt coba kasih beberapa referensi fashion style yang akan membuat kamu para ladies akan semakin tampil kece di momen Agustusan tahun ini. Disimak yuk!

1. Casual Style

Tampilan Casual Style memang selalu jadi nomor wahid dalam urusan berbusana. Tidak hanya bisa digunakan untuk acara formal tapi juga cocok untuk acara hang out bareng teman-teman. Dan outer merah sendiri begitu ciamik dipadukan dengan celana T-Shirt putih yang membuat penampilan kamu tampak sederhana namun berkelas.

2. Simple Style

Untuk kamu yang gak suka sama fashion style yang cenderung ribet, bisa mencoba Simple Style yang satu ini. Padu padan sederhana kaos berwarna putih dan juga celana merah sudah cukup membuatmu tampil mempesona. Untuk semakin menunjang penampilan kamu, kamu bisa menambahkan aksesoris berupa kalung ataupun gelang. Dan jangan lupa tas selempang serta sepatu yang simple.


3. Sporty Style

Tampil beda dengan nuansa merah putih pada aktifitas olahraga kamu. Kaos putih lengan panjang ditambah celana olahraga warna putih akan membuat kamu semakin bersemangat berolahraga dan tampil beda tentunya. Dan Sporty Style seperti ini pun akan membuat kamu tampil Indonesia Banget diantara teman-teman kamu yang lain. Makin gaya dengan kacamata merah yang dikenakan.

4. Tuck In Style

Tuck In Style bisa kita pakai di berbagai suasana. Biar tampilan kamu makin all out jangan lupa tambahkan sabuk sebagai pemanis ya.

5. Party Style
Untuk yang akan menghadiri acara resmi seperti pesta, bisa menggunakan Kebaya khas Indonesia berikut. Nuansa Indonesianya akan tetap terasa dengan corak-corak yang cantik.


So, ternyata tampilan merah putih itu membuatmu tampil semakin cantik kan?



Sabtu, 05 Agustus 2017

TAMPIL KEREN DENGAN KAOS


Setuju kan kalau kaos dari dulu memang disukai semua orang, baik cewek mau pun cowok.
Karena dengan bahan yang ringan ketika memakai kaos membuat kamu merasa nyaman saat menjalani aktivitas. Sehingga di lemari pakaian kamu banyak berbagai macam warna koleksi.
Dari kaos aja penampilan kamu bisa terlihat chic, casual atau pun sporty. Tapi ingat pilih model kaos yang sesuaikan dengan model tubuh kamu ya. Kemudian padukan dengan bawahan yang tepat supaya kamu terlihat stylist walau hanya mengenakan kaos.

Berikut ini mix and match beberapa gaya pakai kaos yang bisa kamu tiru supaya gak tampil monoton.

1. Shirt dress
Model busana seperti ini ada juga yang berbahan kaos lho. Ini buat style kamu makin feminin. Kalau kamu merasa gak pede pakai kaos yang dijadikan dress, kamu bisa kenakan blazer atau luaran lainnya. Bisa juga kenakan legging, ankle boots atau sneakers dan juga hand bag favoritmu.


2. Kaos garis

Nah, untuk kaos satu ini bikin gaya kamu makin hits banget. Pilih kaos garis horizontal dengan warna hitam, putih atau biru tua. Lalu kenakan jeans dan blazer, supaya makin stylist kamu bisa memakai aksesoris kesayangan. Dan pilih tas warna coklat bikin gayamu gak membosankan.



3. Celana pendek

Memakai kaos memang memberikan kesan santai, apalagi kalau kamu padukan dengan celana pendek favoritmu dengan berbagai pilihan warna. Disarankan untuk gaya seperti ini lebih baik kamu pakai saat pergi jalan-jalan ya. Atau kalau kamu mau gak mau terlihat santai banget bisa kenakan luaran.

4. Rok

Alternatif gaya lain yang bisa kamu kombinasikan saat mengenakan kaos pakai rok. Pilih rok lipit atau rok megar, bisa juga rok yang kamu punya, agar penampilan tetap santai tapi gak terlihat lusuh.


5. Motif dan aksen

Dari semua bawahan yang sudah kamu mix and match, coba deh pakai kaos yang bermotif atau ada aksennya. Atau sebaliknya, bila kaosmu polos padukan dengan celana printed jeans. Asal jangan atasan dan bawahan kamu memakai motif atau aksen ya karena akan bertabrakan.


Well, mudah kan untuk tampil keren. Yuk, coba mix and match busana kamu walau hanya memakai kaos.

Pengen keren dengan kaos sablon..,? yuk guys Cetak kaos mu di Jangkrik Tshirt
Dengan teknik cetak yang rapih dan berkualitas membuat tampilanmu lebih yuhui. Teknik cetak hingga finishing dari Jangkrik Tshirt sangat teliti,yang menjadikan kaos atau baju yang kami produksi memiliki produksi yang berkualitas. Sablon Kaos yang baik bisa kita lihat dari kontras dan warna yang akan dihasilkan dari sablonan tersebut. Kesamaan warna dari gambar akan menjadikan kualitas sablon sama dengan gambar yang anda inginkan. Tunggu apa lagi kirim segera desainmu
Kontak kami :
W.A   : 087838380888
BBM  : D9DE5995
Telp    : 087738626309



Sabtu, 22 Juli 2017

JANGKRIK TSHIRT ADA DI PASAR KANGEN JOGJA 22-29 JULI 2017

Untuk mengenang kembali  suasana budaya tempo dulu, para seniman dan budayawan Yogyakarta kembali menggelar event Pasar Kangen Jogja mulai tanggal 22-29 Juli 2017 bertempat di Taman Budaya Yogyakarta. Event Pasar Kangen digelar setiap tahun dan untuk tahun 2017  merupakan event yang ke sepuluh. Pasar Kangen Jogja dikemas dengan memadukan unsur kultural dan ekonomi kerakyatan sehingga masyarakat yang datang tidak hanya bisa menyaksikan kesenian tradisional tetapi juga bisa menikmati kuliner tempo dulu.
Pasar Kangen Jogja 2017 ini memberikan ruang berekspresi bagi para pelaku seni tradisi dan juga ruang ekonomi bagi masyarakat kelas bawah. Kegiatan yang dikemas secara apik ini dimaksudkan sebagai ajang nostalgia untuk mengenang kembali tentang peristiwa budaya yang dulu pernah ada. Bagi masyarakat generasi tua Pasar Kangen menjadi media konfirmasi tentang apapun yang dulu pernah dialami sedangkan bagi generasi muda Pasar Kangen menjadi satu pengalaman yang baru.
Sebanyak 155 tenant akan meramaikan Pasar Kangen Jogja 2017. Dari 155 tenant itu 100 tenant diantaranya merupakan stand kuliner sedangkan sisanya merupakan stand kerajinan. Tenant yang bergabung dalam Pasar Kangen Jogja telah diseleksi oleh pihak panitia penyelenggara sehingga stand-stand tersebut benar-benar mewakili suasana tempo dulu.
Pasar Kangen Jogja yang awalnya digelar sebagai program trauma healing atas peristiwa gempa 2006 itu kini telah menjadi ajang budaya dan ekonomi kreatif yang mampu menciptakan kesejahteraan, baik kesejahteraan secara budaya maupun secara ekonomi.


Jangkrik Tshirt merupakan salah satu tenant yang bergabung di pasar kangen jogja. Ini adalah partisipasi aktif Jangkrik Tshirt dalam kegiatan rutin di jogja serta bentuk eksistensi kita kepada public dalam hal kerajinan khususnya kaos. Selanjutnya untuk lebih mengenal Jangkrik Tshirt silahkan datang dan buktikan kualitas produk kami di event Pasar Kangen Jogja yang berlangsung tanggal 22-29 Juli 2017 pukul 10.00 - 22.00 WIB.





Selasa, 11 Juli 2017

FAKTA TENTANG KAOS YANG GAK KITA TAU


Salah satu item fashion favorit masa kini adalah kaos atau t-shirt. Ringkas, nyaman dan terkesan stylish mungkin menjadi beberapa hal yang membuat kaos ini menjadi pilihan terbaik bagi sebagian besar orang saat sekarang.
Kaos kini sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari dan menjadi salahsatu kebutuhan sandang yang termasuk dalam kebutuhan utama.

Tapi apakah kamu tau fakta lebih jauh tentang pakaian kesayangan kamu tersebut?

Awalnya Adalah Daleman Tentara Inggris dan Amerika di Abad 19
Jadi sebenernya kaos atau t-shirt itu baju daleman gitu deh, dan yang biasa gunain tentara. Modelnya juga belum kayak sekarang, masih standar banget dan warnanya juga gak macem-macem.

Mulai Dikenal Setelah Dipake Marlon Brando
Kamu tau kan siapa itu Marlon Brando? Itu loh yang jadi Don Vito Corleone di film The Godfather. Apa, kamu gak tau film The Godfather? Keterlaluan! Ya udah abis baca artikel ini langsung tonton yah. Jadi di tahun 1947 si Marlon Brando ini main teater berjudul A Street Named Desire. Nah, dalam cerita tersebut doi pake kaos, dan akhirnya bikin orang mulai melirik pakaian dalam tersebut. Tapi si kaos ini baru bener-bener populer setelah di tahun 1955 si James Dean make di film Rebel Without a Cause.

Perkenalkan ini namanya Mas Marlon Brando .,, pastinya ngehits abis di jamannnya

Sempat Jadi Polemik
Karena hakikatnya adalah baju daleman, kaos atau tshirt sempat diprotes oleh beberapa kalangan yang gak setuju kalau kaos dipake buat pakaian sehari-hari. Tapi sebaliknya anak-anak muda nganggepnya kaos itu keren dan sebagai bentuk perlawanan. Nah, makanya di tahun 1961 sebuah organisasi bernama Underwear Institute menuntut supaya kaos atau tshirt diakuin sebagai pakaian sopan.

Sebagai Bentuk Ungkapan
Sekarang sih kaos atau tshirt udah hal yang umum banget. Bentuk dan warnanya juga udah macem-macem. Bahkan udah bisa naro gambar dan tulisan di atas kaos. Nah, gambar dan tulisan ini lah yang akhirnya sering dijadiin bentuk ungkapan sang pemakai



Kalau lengannya Dipotong Jadinya "You Can See"
Gak tau dari mana istilah kaos atau tshirt tanpa lengan ini namanya jadi you can see. Tapi konon sih katanya karena dengan tiadanya lengan, maka kamu bisa ngeliat ketiak orang yang make.



Kaos Paling Mahal Seharga $400,000
Konon sih ada berliannya
Beginilah penampakan kaos yang mahal


Bagaimana? Sudah tahu bagaimana sejarah dan fakta unik di balik sebuah kaos? Jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan sahabat anda sesama penggemar kaos.

Cetak kaos mu di Jangkrik Tshirt dengan teknik yang rapih dan berkualitas. Teknik cetak hingga finishing dari Jangkrik Tshirt sangat teliti,yang menjadikan kaos atau baju yang kami produksi memiliki produksi yang berkualitas. Sablon Kaos yang baik bisa kita lihat dari kontras dan warna yang akan dihasilkan dari sablonan tersebut. Kesamaan warna dari gambar akan menjadikan kualitas sablon sama dengan gambar yang anda inginkan. Tunggu apa lagi kirim segera desainmu
Kontak kami :
W.A   : 087838380888
BBM  : 52820605
Telp    : 087738626309



Sabtu, 08 Juli 2017

Festival Layang-layang Nasional 2017 Siap Digelar di Pantai Parangkusumo

Festival Layang-layang Nasional 2017 Siap Digelar di Pantai Parangkusumo

Perkumpulan Pekarya Layang-layang Indonesia (PERKALIN) akan menyelenggarakan Festival Layang-layang Nasional 2017dengan dukungan penuh oleh Dinas Pariwisata DIY. Rencananya festival ini digelar tanggal 8-9 Juli 2017 di Pantai Parangkusumo Bantul dengan tema Merajut kebersamaan dalam kebhinekaan.

Festival ini rencananya diikuti 45 klub pekarya dan pelayang dari seluruh Indonesia. Istimewa direncanakan turut serta dua peserta eksebisi internasional, yakni Nitesh Lakum/Dreamz Kite Club dari India, satunya dari Tuk Mid/Norman Kite Club dari Malaysia.

Ketua panitia Harry Cahya mengatakan bahwa Festival ini adalah festival layang-layang tingkat nasional kelima yang diselenggarakan PERKALIN. Tahun ini ada 5 kategori yang akan dilombakan, yakni kategori layangan tradisional, layangan 2 dimensi, layangan 3 dimensi, layangan tren naga, dan rokaku challenge. Para peserta akan memperebutkan piala raja dari Sultan Hamengku Buwono X, yang menjadi trophy bergilir. Piala Raja ini merupakan trophy bergilir bergengsi, dan menjadi lambang supremasi kreatifitas pekarya layang-layang.

Para peserta nantinya akan dipilih juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1 dan harapan 2. Mereka yang mendapat poin tertinggilah yang menjadi juara. "Secara khusus festival ini juga diadakan eksebisi layang bertema Burung Garuda. Ini untuk menumbuhkan rasa kebangsaan," katanya.

Setiap daerah memiliki layang-layang dengan ciri khas masing-masing. Para peserta festival tidak akan dibatasi kreatifitasnya. Meski layang-layang berbeda bentuk, warna, dan hiasan, diharapkan layang-layang tersebut dapat menjadi satu di angkasa Pantai Parangkusumo Bantul.

Harapannya beraneka kreasi layang-layang dari setiap daerah, pada festival ini dapat menyatu dalam satu langit, satu udara, satu angkasa, satu dirgantara yang sama di Indonesia. Selain itu, Tradisi Pekalin  disetiap hajat festival, tidak melupakan adanya work shop layang-layang bagi anak-anak, baik Paud, TK dan ank-anak SD. Akan ada 150 anak peserta work shop. Apa itu layang layang bagaimana membuat dan menerbangkan. Gambar layang-layang untuk anak-anak pun, dibuat sesuai dengan tema, yaitu Garuda Pancasila.

Yuks Gaes siap-siap nonton..,,,



Selasa, 04 Juli 2017

Tradisi Mudik

Lebaran selalu menjadi momentum untuk masyarakat Indonesia pulang ke kampung halaman atau dinamakan mudik.

Orang-orang rela antre, berdesak-desakan serta macet panjang demi bisa melaksanakan tradisi pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga saat lebaran.

Fenomena mudik lebaran di Indonesia memang unik dan jarang ditemukan di negara lain. Sekitar satu minggu sebelum lebaran, para perantau berbondong-bondong meninggalkan ibukota dan kembali ke kampung halaman. Mudik secara khusus memang ditujukan untuk momentum pulang kampung saat lebaran saja. Sedangkan pulang kampung yang dilakukan pada hari biasa, tidak mendapat sebutan mudik. Lantas bagaimana awal mula tradisi mudik lebaran di Indonesia?


Tapi pernahkan kita penasaran dan bertanya, mengapa pulang kampung saat Lebaran itu dinamakan mudik?
Istilah mudik ternyata punya arti tersendiri lo, lalu apa ya artinya?

Awal Mula Tradisi  Mudik Lebaran di Indonesia
Dahulu antara mudik dan lebaran tidak memiliki kaitan satu sama lain. Dalam bahasa Jawa ngoko, Mudik berarti ‘Mulih dilik’ yang berarti pulang sebentar saja. Namun kini, pengertian Mudik dikaitkan dengan kata ‘Udik’  yang artinya kampung, desa atau lokasi yang menunjukan antonim dari kota. Lantas pengertian ini ditambah menjadi ‘Mulih Udik’ yang artinya kembali ke kampung atau desa saat lebaran.

Sebenarnya tradisi mudik merupakan tradisi primordial masyarakat petani Jawa yang sudah berjalan sejak sebelum zaman Kerajaan Majapahit.  Dahulu para perantau pulang ke kampung halaman untuk membersihkan makam para leluhurnya. Hal ini dilakukan untuk meminta keselamatan dalam mencari rezeki.

Namun istilah mudik lebaran baru berkembang sekitar tahun 1970-an. Saat itu Jakarta sebagai ibukota Indonesia tampil menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat. Saat itu sistem pemerintahan Indonesia tersentral di sana dan ibukota negara melesat dengan berbagai kemajuannya dibandingkan kota-kota lain di Tanah Air.

Bagi penduduk lain yang berdomisili di desa, Jakarta menjadi salah satu kota tujuan impian untuk mereka mengubah nasib. Lebih dari 80 persen para urbanis datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan.  Mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan biasanya hanya mendapatkan libur panjang pada saat lebaran saja. Momentum inilah yang dimanfaatkan untuk kembali ke kampung halaman.

Hal ini terus berlanjut dan semakin berakar ketika banyak urbanis yang mencoba peruntungannya di kota. Tidak hanya di Jakarta, tradisi perpindahan penduduk dari desa ke kota juga terjadi di ibukota provinsi lainnya di Indonesia. Terlebih dengan diterapkan otonomi daerah pada tahun 2000, maka orang semakin banyak mencari peruntungan di kota.

Sama seperti halnya di Jakarta, mereka yang bekerja di kota hanya bisa pulang ke kampung halaman pada saat liburan panjang yakni saat libur lebaran. Sehingga momentum ini meluas dan terlihat begitu berkembang menjadi sebuah fenomena.

Media juga memiliki andil besar dalam mem-branding kegiatan pulang kampung ini menjadi sebuah tradisi wajib saat lebaran.  Dengan adanya program perusahaan dan pemerintah yang memudahkan kegiatan pulang kampung, tradisi ini pun semakin berakar.

Namun masyarakat memang tidak bisa meninggalkan tradisi mudik ini. Ada hal-hal yang membuat perantau wajib melaksanakan pulang kampung. Pertama mudik menjadi jalan untuk mencari berkah karena bisa bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat dan tetangga. Kegiatan ini juga menjadi pengingat asal usul daerah bagi mereka yang merantau.

Tradisi mudik bagi perantau di ibu kota juga bertujuan menunjukkan eksistensi keberhasilannya. Selain itu, juga ajang berbagi kepada sanak saudara yang telah lama ditinggal untuk ikut merasakan keberhasilannya dalam merantau. Mudik juga menjadi terapi psikologis memanfaatkan libur lebaran untuk berwisata setelah setahun sibuk dalam rutinitas pekerjaan sehingga saat masuk kerja kembali memiliki semangat baru.

Semoga informasi ini menambah pengetahuan baru bagi anda dan terimakasih sudah membaca.

Jankrik Kaos Jogja

Kontak kami :
W.A : 087838380888
BBM : 52820605
Telp : 087738626309