Selasa, 24 Maret 2015

Kuis Jangkrik T-shirt Berhadiah Kaos Setiap Minggu


Yippy! Kabar gembira buat kalian guys! Jangkrik T-shirt bakal bagi-bagi kaos GRATIS setiap minggu. Caranya gampang. Kamu tinggal follow twitter @jangkriktshirt dan like fanpages Jangkrik T-shirt Jogja di Facebook. Terus jawab pertanyaan kuis di Fanpages Jangkrik T-shirt. Pemenang dengan jawaban paling tepat dan share postingan Jangkrik T-shirt terbanyak akan mendapatkan hadiah satu buah kaos Jangkrik T-shirt. Gampang banget kan! Pasti kamu udah ga sabar buat ikutan kuisnya. Eits.... tapi nanti dulu guys, kuis Jangkrik T-shirt baru akan di mulai hari Rabu, 1 April 2015. So, pastikan kamu memantau twitter dan fanpages Jangkrik T-shirt terus ya....


Jumat, 20 Maret 2015

12 Desain Kaos Kreatif untuk Keluarga

Memiliki keluarga tentunya menjadi impian bagi sebagian besar orang. Apalagi keluarga yang dilingkupi dengan kebahagiaan. Nah, beberapa desain kaos yang Jangkrik T-shirt dapatkan dari berbagai sumber berikut ini mungkin akan membuat kamu tersenyum dan merasakan kebahagiaan mereka guys :D

#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7
#8

#9

#10

#11

#12



Selasa, 17 Maret 2015

WOW! Ini Dia Kaos Anti Air Tercanggih


video

Pernah ketumpahan minuman di kaosmu? Duh pasti nodanya sulit hilang. Apalagi kalau kaosmu ketumpahan air saat acara penting, pasti harus ganti kaos lagi biar ga malu. Tapi sekarang kamu ga perlu khawatir guys! sudah ada kaos berteknologi terbaru yang anti air. Yup! SILIC, merupakan produk kaos yang menggunakan Nanoteknologi Hidropobik. Nanoteknologi merupakan teknologi memanipulasi materi pada skala atomik dan molekular. Sedangkan hidropobik merupakan istilah yang berasal dari kata hydro yang berarti air dan phobic yang berarti takut atau anti. Jadi Nanoteknologi Hidropobik merupakan teknologi memanipulasi atom atau molekul anti air. 

Fitur Kaos SILIC

1. Desain

Kaos SILIC didesain simpel dan nyaman untuk digunakan. Polanya dibuat agar tubuh terlihat gagah. 

2. Kain Hidropobik
SILIC menggunakan kain yang terikat pada fiber secara nanoteknologi dalam skala mikroskopik. Sebagian besar air tidak akan mampu menyentuh kain karena terdapat lapisan udara mikroskopik yang terbentuk di antara air dan kain. Hal ini terjadi karena kain ini dilapisi oleh milyaran partikel silika, guys. Cairan yang jatuh di kain akan membentuk bola air sebesar 150° dan menggilinding jatuh. Jadi kaosmu aman dari noda air atau keringat deh. 

3. Proses Aplikasi Keselamatan
Gak seperti kaos berteknologi anti air lainnya yang dapat menyebabkan kanker, kaos SILIC ini tidak menyebabkan kanker guys. Jadi aman untuk dipakai. 

4. Washable

Bukan berarti kaos ini anti air trus ga dicuci-cuci ya... Kaos SILIC ini bisa dicuci dengan tangan atau mesin cuci bahkan sampai 80 kali lho! Saat mencuci kaos ini ga boleh menggunkan pewangi pakaian atau pemutih ya. Boleh dicampur sama kaos warna. Tapi jangan di setrika atau pakai dry cleaning ya. Untuk mengaktifkan sifat anti airnya lakukan tumble dry atau memasukkan air hangat dan kaos kedalam ke mesin pengering serta  pemanasan pada suhu rendah setiap 3 kali cuci. 





Sabtu, 14 Maret 2015

DIY Kreasi Tas Tangan dari Kaos Bekas

Punya kaos ga terpakai? Eits... jangan dibuang dulu ya guys. Kamu bisa mengkreasikan kaos bekasmu jadi barang yang berguna lho. Kayak info yang bakal Jangkrik T-shirt berikan berikut ini nih. Kita bakal bikin tas tangan yang keren dari kaos yang ga terpakai. Gak bakal ribet kok, karena kreasi ini ga perlu dijahit. Yuk kita siapkan bahan dan alatnya!

Bahan
*Kaos yang tidak terpakai
*Manik-manik

Alat 
*Gunting
*Penggaris
*Pulpen

Begini caranya guys

1. Rentangkan kaos pada lantai. Lalu gunting kaos seperti gambar di bawah ini.

2. Ukur dan tentukan panjang tas yang ingin kamu buat.

3. Berikan tanda garis melintang pada lebar kaos.


4. Gunting kain dengan lebar masing-masing 1 cm pada bagian bawah kaos. Pastikan panjangnya tidak melebihi garis yang sudah dibuat ya.


5. Ikat pangkal kain yang telah dipotong. Caranya seperti di bawah ini.

6. Ikat sampai bagian rumbai yang terakhir ya.

7. Gunting bagian jahitan bahu.

8. Lalu ikat masing-masing bagian kiri dan kanan bahu ya.


9.Gunting ujung rumbai membentuk segitiga.

10. Masukkan manik-manik. 

11. Kemudian ikat bagian bawah rumbai yang telah dimasuki manik-manik.

 12. Voila! Tas tangan yang keren siap diajak jalan-jalan guys!




Jumat, 13 Maret 2015

Tips Memilih Kaos Untuk Si Kurus



Memiliki postur tubuh yang kurus sering kali membuat sesorang tidak PeDe dalam hal penampilan. Eits... tapi tenang aja guys, kali ini Jangkrik T-shirt akan memberikan tips buat kamu yang berpostur kurus supaya terlihat oke saat memakai kaos. 

Hindari Kaos Warna Gelap Polos
Warna gelap akan memberikan efek langsing bagi si pemakai. Nah buat kamu yang kurus, "haram" hukumnya pakai kaos gelap apalagi warna hitam polos. Kalo kamu emang suka kaos-kaos simple atau polos, pilihlah warna-warna  pastel atau warna mencolok.

Hati-Hati dengan Motif Kecil
Seperti kaos polos, motif kecil-kecil pada kaos juga dapat memberikan efek langsing bagi si pemakai. Sehingga kamu yang bertubuh kurus akan terlihat makin kurus. Agar tubuhmu terlihat lebih berisi pilihlah kaos dengan motif yang besar. 

Hindari Kaos Bermotif Garis Vertikal
Orang yang bertubuh kurus sering dianalogikan dengan angka satu. Jadi kebayang kan kalo kamu yang bertubuh kurus memakai kaos bermotif garis vertikal bakal terlihat seperti apa. Sebaliknya, gunakanlah kaos dengan motif garis horizontal. Sebab garis horizontal mampu memberikan efek lebar pada tubuh.

Pilih Kaos Yang Pas di Badan
Sebaiknya kaosmu tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Sebab kaos yang terlalu besar akan membuatmu terlihat kecil. Begitu juga kaos yang kekecilan alias ketat, mampu membentuk tubuhmu yang memang sudah kurus. Jadi pilih yang sedang-sedang saja ya guys.

V Neck? duh.. Dipikir Lagi deh!
Orang yang bertubuh kurus umumnya memiliki leher yang terlihat jenjang. Nah kerah berbentuk V akan memvisualisasi bagian lehermu menjadi kurus. Tapi kalo kamu bertubuh kurus dan memiliki leher yang tidak jenjang, kerah V Neck masih aman untuk digunakan.

Gunakan Kaos dengan Gaya Bertumpuk
Yup! Menambahkan jaket, sweater atau kemeja pada bagian luar kaos akan membuat tubuhmu lebih berisi. Selain itu, memadupadankan kaos dengan outer fit juga membuat dirimu makin fashionable kan. 



Kamis, 12 Maret 2015

Mengenal Bahan-Bahan Sablon Manual



Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang peralatan dasar pada sablon manual. Nah sekarang mimin mau memberikan info tentang bahan-bahan yang diperlukan dalam proses sablon manual. Check this out, guys!

1. Bahan Afdruk
Afdruk merupakan proses membuat film (klise) pada screen. Ada dua bahan yang umumnya digunakan sebagai bahan afdruk yaitu, emulsi dan cairan sensitizer alias cairan yang peka terhadap cahaya. Berbagai bahan afdruk yang ada di pasaran diantaranya chromaline, ulano, diasol, autosol, uno dan photosol. 

2. Bahan Penguat Lapisan Afdruk
Setelah melalui proses afdruk, film pada screen masih perlu dioleskan bahan penguat lapisan afdruk. Fungsinya agar film pada screen semakin kuat dan tidak mudah rusak saat proses penyablonan dilakukan berkali-kali.

3. Cat Sablon 
Ada dua jenis cat sablon, yaitu cat sablon yang berbasis minyak dan cat sablon berbasis air. Cat sablon berbasis minyak umumnya digunakan untuk media kertas atau plastik. Sedangkan cat sablon berbasis air digunakan pada kain. Kamu bisa cek jenis-jenis cat sablon berbasis air di sini guys!

4. Penguat Cat Sablon
Agar hasil sablonan tidak pecah, diperlukan bahan penguat yang dicampur pada cat sablon. Contoh produk yang sering digunakan adalah top coat. Selain sebagai penguat, bahan ini juga membuat hasil sablonan terlihat mengkilap.

5. Binder
Binder merupakan bahan yang digunakan untuk mengikat beberapa bahan yang dicampur. 

6. Perekat Papan
Perekat alias lem umumnya dioleskan pada papan sablon. Fungsinya sebagai perekat antara kain dan papan agar kain tidak bergeser pada saat proses penyablonan. Tenang aja guys, lem ini tidak akan mengotori kain karena tebuat dari bahan yang khusus. Contoh lem papan diantaranya hidronol dan sandronol.

7. Bahan Pembersih Film
Jangkrik T-shirt biasanya menggunakan kaporit dan soda api sebagai pembersih afdrukan film pada screen.  Cara membersihkannya menggunakan spons lalu digosok pada screen.

8. Cairan pembersih minyak
Kadangkala setelah screen dibersihkan dengan kaporit dan soda api, masih terdapat sisa cat atau minyak yang menempel pada screen. Untuk itu dibutuhkan cairan pembersih minyak yang serupa dengan tiner. Biasanya yang digunakan adalah cairan M3. Gunakan masker saat menggunakan cairan ini ya tweeps! karena baunya sangat menyengat dan tidak baik bagi kesehatan tubuh jika dihirup.

9. Sabun Krim
Sabun krim alias sabun colek digunakan setelah penggunaan cairan M3. Selain membersihkan screen, sabun colek juga menghilangkan sisa kaporit, soda api maupun M3. 




Rabu, 11 Maret 2015

Peralatan Dasar Sablon Manual

Jangkrik T-shirt telah berpengalaman dalam dunia sablon manual selama kurang lebih 20 tahun. Salah satu kelebihan sablon manual yaitu hasil sablonnya lebih berkualitas dan dapat dikreasikan menjadi berbagai macam jenis seperti sablon rubber, serbuk emas, foam dan lain sebagainya. Nah untuk melakukan sablon manual diperlukan berbagai peralatan, guys. Yuk kita simak infonya di bawah ini!

1. Screen Sablon 

Screen sablon berfungsi sebagai media yang dipakai untuk menyaring tinta sablon ke obyek sablon. Kain screen sablon sangat halus menyerupai sutra. Ukuran lubang kain screen beragam. Penggunannya tergantung pada material objek. Selain ukuran lubang screen, ukuran bingkai screen sendiri bermacam-macam. Mulai dari 20x30 cm, 30x40 cm sampai ukuran yang paling besar yang biasa digunakan untuk spanduk.

2. Rakel

Rakel merupakan alat penggosok/penyapu tinta di atas screen. Ujung rakel terbuat dari karet dan gagangnya terbuat dari kayu. Ujung rakel ada beberapa jenis. Ujung rakel yang lancip menghasilkan sablon yang tipis dan detail. Sedangkan ujung rakel yang tebal menghasilkan sablonan yang tebal namun kurang detail.

3. Meja Sablon

Meja cetak atau meja sablon digunakan sebagai alas atau dasar dari bahan yang ingin disablon. Meja sablon sebaikknya berukuran luas dengan ketinggian 70-75 cm dan keadaannya harus stabil. Penampang meja juga harus harus datar dan rata. Saat ini berbagai meja sablon telah dilengkapi dengan peralatan tambahan sebagai pengait screen sablon agar tidak mudah bergeser.

4. Hair Dryer

Lho ini mau nyablon atau ngeringin rambut? Hehehe... tenang aja guys... Hair dryer di sini berfungsi sebagai pengering pasta afdruk pada screen agar screen terbentuk sempurna sesuai dengan desain yang diinginkan. 

5. Penyemprot Air

Penyemprot air berfungsi untuk membersihkan/membentuk desain pada screen yang telah diafdruk. Handsprayer digunakan karena memiliki tekanan yang rendah sehingga tidak mudah merusak motif yang telah diafdruk pada screen.


Selasa, 10 Maret 2015

Ini Dia Aplikasi Desain Kaos di Handphone Android

Saat ingin membuat kaos, pelanggan di Jangkrik T-shirt sering kali kesulitan dalam mendesain kaos. Apalagi tidak semua orang bisa menggunakan software coreldraw maupun photoshop. Namun dengan kecanggihan teknologi saat ini, kalian ga perlu lagi bingung untuk mendesain kaos. Semua ada dalam genggamanmu. Yup! berbagai aplikasi untuk mendesain kaos kini telah hadir di handphone android. Tapi kali ini mimin mau kasih info tentang aplikasi Desain T-shirt Snaptee. 

Cara menggunakan aplikasi ini mudah banget guys. Petama-tama, kamu harus mendaftar di akun Snaptee atau masuk melalui Facebook dan Twitter. Kalo kamu mau bikin desain kaos, kamu tinggal klik gambar kaos di pojok kanan atas. Kemudian klik gambar kamera. Di sana kamu akan diberikan pilihan jenis desain yang ingin kamu buat. Apakah berupa teks, foto secara langsung, gambar di instagram, ataupun gambar yang sudah ada pada album foto kamu. Selanjutnya tinggal bikin deh kreasi kaos yang kamu inginkan. 

Aplikasi ini ga cuma bisa bikin desain kaos aja lho guys. Tapi kamu juga bisa jual kaos hasil karyamu ataupun membeli kaos orang lain. Tapi sayang kamu harus mengeluarkan kocek sebesar US$ 19.99 + ongkos kirim kaos dari Hongkong ke alamatmu. Kelemahan lain dari aplikasi ini juga kamu cuma bisa mendesain bagian depan kaos. Sedangkan bagian belakang dan lengan kaos tidak bisa. Yah tapi lumayan membantu banget lho buat mendesain mock up kaos mu sebelum dibawa ke Jangkrik T-shirt :D


Senin, 09 Maret 2015

5 Cara Mengekspresikan Nostalgia Tahun 90-an pada Kaos

Kamu lahir di tahun 90-an? Kangen sama masa-masa di tahun 90-an? Untuk mengobati rasa kangenmu kamu bisa mengekspresikan gayamu sesuai dengan fashion tahun 90-an, guys!

#1 Memakai Kaos Pendek + Kaos Panjang

Inget ga kalo zaman 90-an dulu lagi ngetrend banget pakai kaos panjang didouble kaos pendek? Atau mungkin kalian salah satu pengikut trend ini, hayo ngakuuu...

#2 Kaos Musik


Siapa yang ga kenal Nirvana. Salah satu band tahun 90-an yang terkenal pada masanya. Saking famousnya kaosnya banyak dijual di distro-distro. Selain Nirvana, artis lain yang sering mejeng di kaos yaitu Smashing Pumpkins, Marilyn Manson, Gun N Roses, dan Rolingstones.

#3 Kaos dan Kemeja Flanel Lengan Panjang


Kamu pasti sudah familiar sama wajah Mr. Kurt Cobain di atas. Yup! berkatnya gaya kemeja flanel lengan panjang dan kaos sebagai pakaian dalam menjadi trend. Bahkan gaya berpakaian kayak gini masih trend sampai sekarang lho. 

#4 Kaos Animasi 


Duh kaos ini nuansa 90-an banget ya! Inget ga ada banyak animasi yang booming banget di tahun 90-an seperti Garfiled, Fido-dido, atau The simpson. Dijamin kalo kamu pakai kaos animasi tersebut orang-orang akan menganggap kamu anak tahun 90-an guys!

#5 Memasukkan Kaos ke Dalam Celana


Yang suka nonton film 'Si Doel Anak Sekolahan' pasti inget sama gaya berpakaian Sarah yang suka memasukkan kaos ke dalam celana jeans. Pada masa itu memasukkan kaos ke dalam celana dianggap lebih rapih apalagi kao pake iket pinggang. 


Sabtu, 07 Maret 2015

Desain Hoodie Super Keren Yang Wajib Kamu Ketahui

Hoodie bukan cuma jadi penghangat di musim dingin, tetapi juga fashion yang bikin kamu makin terlihat keren, guys. Nah berikut ini Jangkrik T-shirt sajikan beberapa desain hoodie terkeren yang kami dapatkan dari berbagai sumber. 

#1 Star Trek Vulcanian salute


#2 Pacman

#3 Busted Tees

#4 Armored Knight

#5 WareWolf

#6 DC Comics

#7 Robot Star Wars

#8 Pikachu

#9 Mario Bros

#10 Krang

#11 Raptor

#12 Fosfor