Rabu, 11 Maret 2015

Peralatan Dasar Sablon Manual

Jangkrik T-shirt telah berpengalaman dalam dunia sablon manual selama kurang lebih 20 tahun. Salah satu kelebihan sablon manual yaitu hasil sablonnya lebih berkualitas dan dapat dikreasikan menjadi berbagai macam jenis seperti sablon rubber, serbuk emas, foam dan lain sebagainya. Nah untuk melakukan sablon manual diperlukan berbagai peralatan, guys. Yuk kita simak infonya di bawah ini!

1. Screen Sablon 

Screen sablon berfungsi sebagai media yang dipakai untuk menyaring tinta sablon ke obyek sablon. Kain screen sablon sangat halus menyerupai sutra. Ukuran lubang kain screen beragam. Penggunannya tergantung pada material objek. Selain ukuran lubang screen, ukuran bingkai screen sendiri bermacam-macam. Mulai dari 20x30 cm, 30x40 cm sampai ukuran yang paling besar yang biasa digunakan untuk spanduk.

2. Rakel

Rakel merupakan alat penggosok/penyapu tinta di atas screen. Ujung rakel terbuat dari karet dan gagangnya terbuat dari kayu. Ujung rakel ada beberapa jenis. Ujung rakel yang lancip menghasilkan sablon yang tipis dan detail. Sedangkan ujung rakel yang tebal menghasilkan sablonan yang tebal namun kurang detail.

3. Meja Sablon

Meja cetak atau meja sablon digunakan sebagai alas atau dasar dari bahan yang ingin disablon. Meja sablon sebaikknya berukuran luas dengan ketinggian 70-75 cm dan keadaannya harus stabil. Penampang meja juga harus harus datar dan rata. Saat ini berbagai meja sablon telah dilengkapi dengan peralatan tambahan sebagai pengait screen sablon agar tidak mudah bergeser.

4. Hair Dryer

Lho ini mau nyablon atau ngeringin rambut? Hehehe... tenang aja guys... Hair dryer di sini berfungsi sebagai pengering pasta afdruk pada screen agar screen terbentuk sempurna sesuai dengan desain yang diinginkan. 

5. Penyemprot Air

Penyemprot air berfungsi untuk membersihkan/membentuk desain pada screen yang telah diafdruk. Handsprayer digunakan karena memiliki tekanan yang rendah sehingga tidak mudah merusak motif yang telah diafdruk pada screen.


0 komentar:

Poskan Komentar