Selasa, 03 Februari 2015

Jenis Cat Sablon Manual


Halo guys, kali ini Jangkrik T-shirt akan memberikan info seputar dunia sablon nih. Tau ga sih kalo cat yang digunakan untuk sablon di kaos berbeda dengan jenis cat yang lain? Mari simak jenis-jenis cat sablon waterbase di bawah ini guys. 

Cat Rubber
Tinta ini bersifat pekat dan dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber umumnya digunakan untuk underbase yang berfungsi sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna-warna diatasnya. Tinta rubber sendiri dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah tinta rubber white yang digunakan untuk underbase/dasar, bisa juga digunakan untuk mendapatkan warna-warna pastel/muda. Jenis kedua adalah rubber color yang digunakan untuk pencampuran warna-warna tua. 

Cat Transparan
Umumnya berfungsi sebagai pelapis hasil sablon sehingga hasil sablon lebih cemerlang atau mengkilap atau disebut juga coating. Tinta ini memiliki bentuk seperti tinta extender yang transparan, tetapi memiliki kandungan yang lebih kuat atau lebih keras. Tinta ini sangat baik untuk teknik penyablonan separasi empat warna dengan terlebih dahulu memberikan rubber white pada permukaan bahannya.

Cat Extender
Tinta ini bersifat transparan dan hanya cocok untuk penggunaan diatas bahan putih atau bahan-bahan berwarna terang. Cat ini bersifat menyerap pada bahan.

Cat Super White
Tinta ini hampir sama jenisnya dengan tinta rubber, terdiri dari dua jenis yaitu white dan color. Tinta ini sifatnya lebih mendekati tinta extender yaitu menyatu dengan bahan dan transparan, serta dapat disablon diatas dasar bahan berwarna gelap.

Cat Timbul (Puff)
Tinta ini memerlukan pemanasan yang akan mengakibatkan tinta ini mengembang sehigga memberikan efek timbul.


Link terkait:
Jenis-Jenis Variasi Pada Lengan Kaos
Pesona Pantai Wisata Bantul
Kisah Sepasang Orang Tua




0 komentar:

Poskan Komentar