Sabtu, 05 Maret 2016

Nobar Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016


Gerhana Matahari Total di Indonesia


foto dari: www.infoastronomy.org

Gerhana Matahari Total akan terjadi pada 9 Maret 2016, serta beberapa wilayah di Indonesia turut dapat melihat fenomena alam ini. Terjadinya gerhana matahari total yang turut dirasakan oleh beberapa wilayah di tanah air ini mempunyai waktu yang berbeda-beda. Seperti yang dilansir oleh laman resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) serta LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), gerhana akan terjadi mulai pagi hari pukul 06.20 WIB di daerah Palembang serta yang paling lambat terjadi di wilayah Indonesia bagian Timur, yakni di Ternate pada pukul 08.53 WIT.

Warga Yogyakarta tidak perlu kecewa meski tidak dilalui Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 nanti. Mereka tetap dapat menyaksikan peristiwa tersebut meski hanya sebagaian. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta menjelaskan gerhana matahari di Yogyakarta akan terjadi sebesar 83 persen.

foto dari: mastugino.blogspot.com

Gerhana matahari total kali ini melintas di sepanjang Samudera Hindia hingga kepulauan Hawaii bersama jalurnya yang diperkirakan adalah 155-160 kilometer terbentang sampai dengan 1.200-1.300 kilometer. Setelah melintas di daerah Palembang, selanjutnya giliran wilayah Bangka Belitung yang bakal merasakan terjadinya gerhana matahari total pada pukul 06.21 dengan puncak yang bakal terjadi pada pukul 07.30 WIB. Sementara pada wilayah Bengkulu, puncak gerhana matahari total bakal terjadi sekitar pukul 07.19 WIB.

Selain itu, beberapa wilayah Indonesia bagian barat yang turut merasakan gerhana matahari total adalah Tanjung Pandan, kemudian Sampit, juga Palangkaraya. Sementara untuk wilayah Indonesia bagian tengah, khususnya di daerah Balikpapan, gerhana matahari total mulai terjadi sekitar jam 08. 33 WITA. Daerah Palu, Poso, dan Luwuk juga turut menjadi wilayah Indonesia yang mengalami fenomena alam ini.

foto dari: news.liputan6.com

Di daerah Indonesia bagian Timur sendiri, yang bakal merasakan gerhana matahari total untuk pertama kalinya adalah wilayah Ternate, yaitu jam 08. 36 WIT, dan puncaknya bakal terjadi pada jam 09. 52 WIT.
Untuk menikmati fenomena langka ini di Yogyakarta, BMKG bersama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Taman Pintar, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah akan menggelar acara nonton bareng di perempatan Tugu.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Daerah Istimewa Yogyakarta Tony Agus Wijaya mengatakan gerhana matahari akan terjadi mulai pukul 06.20 hingga 08.35 WIB. Masyarakat, kata Tony, akan bisa menyaksikan peristiwa gerhana matahari melalui sebuah layar lebar. Pada saat gerhana, menurut Tony, matahari akan berbentuk seperti sabit. “Proses gerhana dari awal sampai akhir akan berlangsung selama 2 jam 15 menit," kata Tony, Selasa, 23 Februari 2016.


foto dari: www.newsth.com

Selain layar lebar, kata Tony, BMKG juga akan menyediakan enam teropong bagi masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari dengan aman. Teropong tersebut juga terhubung ke layar lebar sehingga masyarakat bisa menyaksikan gerhana matahari beramai-ramai. Untuk menghindari bahaya gelombang radiasi dari matahari, masyarakat diminta untuk tidak menatap langsung ke arah matahari.

Puncak gerhana matahari total akan berlangsung selama 1,5 – 3 menit. Adapun puncak gerhana akan terjadi pada pukul 07.23 WIB. Gerhana matahari adalah peristiwa saat bulan melintas di antara bumi dan matahari sehingga kedudukan matahari, bulan dan bumi terletak pada satu garis lurus sehingga menyebabkan cahaya matahari yang jatuh ke bumi terhalang oleh bulan. Pada 1983 silam, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya pernah mengalami gerhana matahari total.


foto dari: travel.kompas.com

 Nah Gaes, untuk kalian yang berada di daerah Yogyakarta, nobar gerhana matahari total aja di Tugu Jogja. karna hanya 350 tahun sekali loh! Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengetahuan dan informasi buat kalian semua^^








0 komentar:

Poskan Komentar