Rabu, 14 September 2016

Cara Merawat Pakaian Putih Agar Warna Tidak Kusam

Bagi si Kecil yang baru masuk sekolah, mengenakan seragam sekolah merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang membuat mereka merasa sudah jadi ‘anak besar’. Tapi anak-anak tetaplah anak-anak dan baju putih tetaplah baju putih yang mudah berubah warna jika tidak dirawat secara benar.
Aktivitas bermain dan belajar mereka tidak jarang meninggalkan bekas pada baju seragam. Baju putih seragam sekolah lama-lama berubah menjadi kekuningan seiring dengan perjalanan waktu.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pakaian putih berubah menjadi kekuningan.
Dengan mengetahui beberapa penyebab berikut ini, Ibu bisa mencegahnya.
Noda keringat. Zat garam, protein, dan minyak yang terkandung di dalam keringat meninggalkan bekas berwarna kuning pada baju putih.

Langkah-langkah menghilangkan noda kuning di baju putih akan dibahas di dalam artikel ini.
Untuk mencegahnya, Ibu perlu mencuci baju putih sesegera mungkin setelah dikenakan.
Pemakaian produk pencerah atau pemutih baju yang tidak sesuai. Ada dua jenis produk pengelantang pakaian, yaitu pengelantang klorin (chlorine bleach) dan pengelantang oksigen (oxygen bleach).
Sebagai panduan dasar, chlorine bleach bisa dipakai pada kain katun, rayon, dan poliester, sedangkan oxygen bleach bisa dipakai pada kain katun dan linen.
Baca label perawatan baju putih Ibu untuk memastikan jenis pemutih yang sesuai dan hindari pemakaiannya secara berlebihan atau terlalu sering.
Kondisi lembab. Baju putih yang disimpan di tempat yang lembap lebih mudah berubah menjadi kekuningan. Ibu sebaiknya menyimpan baju putih bersih di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik dan tidak membiarkan baju putih kotor menumpuk terlalu lama sebelum dicuci.

Cara menghilangkan noda pada baju putih yang kurang benar.
Kebanyakan Ibu sudah tahu bahwa bercak atau noda protein di baju putih bisa dihilangkan dengan cara membubuhkan deterjen cair berenzim atau dengan bantuan pemutih kain hanya di bagian tersebut dan membiarkannya selama beberapa saat.
Ikuti langkah tersebut dengan mencuci baju memakai mesin cuci dan deterjen seperti biasa untuk benar-benar menghilangkan noda kuning di baju putih dan residu di sekitar sisa bercak.

Cara Memutihkan Pakaian Putih yang Kekuningan
Jika baju putih Ibu sudah terlanjur menjadi kekuningan, terapkan langkah-langkah berikut ini guna mengembalikannya menjadi putih cemerlang. Selain produk pemutih baju yang sesuai untuk baju putih Ibu, Ibu juga memerlukan bahan pemutih alami berupa bubuk soda kue, cuka putih, atau perasan jeruk lemon.
Dan tentu saja deterjen yang sesuai untuk mesin cuci Ibu.
Periksa label perawatan baju putih Ibu untuk mengetahui jenis pemutih baju yang sesuai.
Tuangkan pemutih baju ke dalam air hangat di ember cuci sesuai takaran yang dianjurkan pada kemasan produk.Rendam baju putih di dalamnya selama semalaman.
Ibu juga bisa memanfaatkan bahan pemutih alami untuk menggantikan produk pemutih di atas. Rendam baju putih di dalam campuran satu cangkir bubuk soda kue dan 5 liter (sekitar 5 gayung) air bersih.

Keesokan harinya, cuci baju tersebut seperti biasa menggunakan deterjen pada pengaturan panas mesin cuci Ibu. Ini merupakan langkah penting untuk mengangkat residu kuning yang terlepas dari serat-serat kain selama proses perendaman.

Pada putaran pembilasan, tambahkan setengah cangkir cuka putih atau perasan jeruk lemon.
Keringkan langsung di bawah terik sinar matahari.
Sinar Ultraviolet yang dipancarkan matahari merupakan cara memutihkan baju putih yang murah dan tersedia sepanjang tahun di Indonesia. Anak-anak mungkin kurang begitu peduli apakah baju putih seragam mereka benar-benar putih cemerlang atau mulai kekuningan. Namun, Ibu tentu ingin memberikan yang terbaik bagi mereka.
Jika kalian memiliki pengalaman mengatasi baju putih yang berubah menjadi kekuningan, silakan komentar dibawah ini.



0 komentar:

Posting Komentar