Selasa, 06 Januari 2015

Jenis Jenis Sablon Manual

Halo guys, kali ini mimin akan menginformasikan jenis-jenis sablon manual yang dapat diaplikasikan pada kaos.

1. Sablon rubber atau yang dikenal dengan sablon karet. Sifatnya menutup serat kain sehingga hasil sablon elastis.

2. Sablon foam (timbul). Cirinya hasil sablonan akan timbul lebih tebal dari pada sablon rubber biasa. Ciri lainnya yaitu, pada bagian dalam kaos akan terbentuk cekungan.

3. Sablon foil. Sablon dengan menggunakan lapisan bahan kertas logam yang ditempelkan diatas kain dengan lem khusus. Sablon ini memberikan kesan mengkilat sehingga kaos terlihat eksklusif.

4. Sablon discharge atau dikenal dengan cabut warna. Cat digunakan untuk mencabut warna dasar kain, sehingga warna bahan menjadi putih. Hasil sablon ini menyerap ke kain sehingga akan terlihat pada bagian dalam.

5. Sablon separasi. Prosesnya dengan pemisahan warna desain untuk dijadikan film.  Ada dua teknik pemisahan yaitu dengan teknik CMYK atau spot color.


6. Sablon glitter. Jenis sablon ini mengaplikasikan cat sablon trasparan dengan bubuk metalik atau glitter, sehingga kaos akan terlihat lebih eksklusif dan mewah.

 

7. Sablon glow in the dark. Sesuai dengan namanya, sablon jenis ini dapat bercahaya saat gelap. Hal ini karena campuran bubuk fosfor yang diaplikasikan dengan sablon rubber.

8. Sablon super white. Sablon ini mirip dengan sablon discharge hanya saja biasa diaplikasikan pada jenis kain yang cerah. Cat sablon akan menyerap ke dalam serat kain, menyatu dengan bahan dan bersifat transparan.

9. Sablon floaking (beludru). Sablon ini menggunakan lapisan bahan seperti beludru yang ditempel di atas kain dengan lem khusus.

10. Sablon extender. Sablon ini khusus untuk kain berwarna terang. Ciri hasil sablonannya lebih tajam, halus, dan tipis.


Link terkait:
Lowongan Tenaga Produksi Sablon
This is it! Jangkrik T-shirt
Sejarah Sablon

0 komentar:

Posting Komentar