Jumat, 06 Maret 2015

Perbedaan Kain Katun Combed dan Katun Carded


Saat ingin membuat kaos, sering kali costumer Jangkrik T-shirt bertanya, "Apa sih bedanya kain katun combed dan katun carded? Mana yang lebih nyaman? Mana yang kualitasnya lebih baik?". Berikut perbedaan katun combed dan katun carded yang perlu kamu ketahui.

Katun Carded
Kata carded sebenarnya berasal dari mesin pemintal kain yang disebut carding. Jenis kain ini cenderung agak kasar dan kaku karena katun carded tersusun dari benang-benang berbulu dan banyak mengandung serat-serat kapas yang pendek. Karakter katun carded juga cenderung menyusut jika dicuci. Tapi jangan khawatir guys, jenis bahan ini masih cocok digunakan untuk kaos event apalagi harganya lebih murah dari katun combed.

Katun Combed
Katun combed memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari katun carded. Hal ini karena katun combed lebih lembut dan halus dari katun carded, sehingga lebih nyaman dipakai. Kata combed, berasal dari alat pemintal combing yang berfungsi untuk membuang serat-serat pendek pada kapas. Inilah yang membuat tekstur kain katun combed lembut dan halus. Dengan karakter tersebut, jenis kain ini kerap menjadi andalan bagi para pelaku bisnis kaos distro. Terlebih lagi katun combed mampu menyerap keringat dengan baik sehingga sangat cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis. 


1 komentar: