Rabu, 13 Januari 2016

Tips Memilih Baju Bayi


PERTIMBANGKAN HAL INI SEBELUM 
MEMILIH BAJU BAYI

foto dari: www.playbuzz.com

Memilih pakaian untuk bayi adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyita waktu, disamping pilihan model, warna, dan bahan, ada hal lain yang harus ayah bunda perhatikan demi menjaga kenyamanan si buah hati. Selain agar si kecil tampak lebih cantik, jangan lupakan fungsi utama dari pakaian yaitu melindungi tubuh mereka yang masih rawan.
Tidak tepat dalam memilih pakaian dapat membuat si mungil merasa tidak nyaman, termasuk dapat memicu iritasi dan alergi. Sangat penting untuk mempertimbangkan aspek kenyamanan dan kesehatan disamping aspek modis atau gaya saja.


- Jenis-jenis kain untuk pakaian bayi:
Ada banyak jenis kain yang dapat digunakan oleh si kecil, pertimbangan utama dalam hal ini adalah aspek keyamanan. Kain katun adalah bahan pakaian yang paling direkomendasikan untuk pakaian sehari-hari si mungil. Selain perawatanya mudah, jenis kain ini nyaman dibadan karena tidak panas dan dapat meyerap keringat dengan baik.
Kain satin, taf, dan tule adalah beberapa jenis bahan lain yang dapat digunakan si kecil terutama untuk acara-acara khusus. Jenis kain tersebut cenderung memerlukan perawatan khusus dan kurang nyaman dipakai sehari-hari. Pakaian dari bahan corduroy juga dapat menjadi alternatif pilihan si kecil. Corduroy umumnya dibuat dari 100% katun atau campuran katun dengan polysters serta terkenal awet dan tahan lama.
Kain berbahan dasar wol cocok digunakan sebagai pakaian penghangat bayi, selimut, baju sweater, kaos kaki, penutup kepala, dan sarung tangan kualitas tinggi banyak yang dibuat dari bahan dasar wol. Untuk harga yang lebih murah, kain polyster adalah alternatif tepat untuk jenis pakaian penghangat beserta aksesorisnya.
- Tips mencuci pakaian bayi:
Siapkan pakaian bersih si mungil dengan jumlah cukup setiap harinya. Sangat lumrah jika bunda harus mengganti pakaian mereka beberapa kali dalam sehari, mungkin karena terkena muntah, terkena kotoran, atau percikan makanan si kecil.
Saat mencuci pakaian, sebaiknya gunakan detergen khusus pakaian bayi, terlebih jika si mungil mempunyai kulit supper sensitif. Umumnya sabun cuci yang digunakan pakaian ayah bunda mengandung bahan kimia yang mungkin cukup keras bagi kulit bayi. Ayah bunda juga dapat menambahkan cairan pelembut kain terutama handuk atau kain bedong si kecil.
foto dari: mediasapiens.tv

- Pakaian tepat disaat yang tepat:
Mengenakan pakaian yang tidak tepat, tak hanya dapat menganggu kenyamanan si bayi, dalam beberapa kasus khusus, mengenakan pakaian yang tidak sesuai dapat membahayakan mereka. Misalnya saat suaca panas pastikan untuk mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak berlapis-lapis.
Karena si kecil belum mampu mengatur suhu tubuhnya sebagaimana orang dewasa, ayah bunda harus tau kapan mereka harus mengenakan pakaian hangat dan sebaliknya. Cara mudah untuk mengetahui jenis pakaian yang cocok dikenakan si kecil adalah dengan cara mengecek suhu bagian punggungnya. Pada keadaan normal punggung si kecil akan terasa hangat, bukan panas atau dingin. Kenakan pakaian hangat jika punggung si kecil terasa dingin dan kenakan pakaian tipis jika suhu bayi cukup panas.



info: http://balitapedia.com/info-penting-seputar-pakaian-ba…/1534


0 komentar:

Poskan Komentar