Senin, 29 Agustus 2016

Tampil Keren dengan Sablon Fosfor

Siang jangkrikers....
Kesempatan kali ini kita akan berbincang mengenai salah satu bahan kimia yang cukup unik untuk dipelajari. Apa sih uniknya?Ya, kita seringkali menjumpai ada mainan yang dapat memancarkan cahaya tanpa menggunakan baterai atau tenaga adaptor. Di dalam alkimia, bahan ini disebut sebagai fosfor, salah satu senyawa logam transisi atau tanah langka seperti halnya zink sulfida yang ditambah dengan perak atau tembaga yang sudah ada sejak zaman Perang Dunia ke-2. Seiring dengan berjalannya waktu, bahan ini kemudian mulai banyak digunakan untuk membuat semacam mainan seperti gelang dan kalung. Bahkan saat ini, bahan ini mulai menjamah dalam industri percetakan dan sablon seperti dalam pembuatan sticker dan kaos fosfor menggunakan serbuk atau cat berbahan fosfor dengan berbagai varian warna. Orang acapkali menyeburnya sebagai glow in the dark (bercahaya dalam kegelapan).


Barangkali ada diantara kalian yang berpikir, amankah dan awetkah jika kaos bersablonkan fosfor?Aman kok, asal jangan kaos nya di makan. Untuk masalah keawetan, cukup awet asal ketika mencucinya jangan terlalu memaksakan ketika "mengucek" atau "menggosok" pakaian. Anggap saja pakaian tersebut adalah pasangan kita, kita rawat dan bersihkan dengan penuh kasih sayang. Saya rasa bahan sablon lainpun, kalau kita memaksa pakaian dengan cara kasar akan mudah hilang juga. Jadi, tidak perlu takut bahan fosfor akan hilang.

Tapi perlu diperhatikan juga, jika ingin memiliki kaos glow in the dark, pemilihan warna sangat menentukan besarnya cahaya yang dihasilkan. Pemilihan warna yang gelap seperti hitam adalah mutlak untuk mendapatkan pencahayaan yang sempurna di saat kondisi cahaya di sekitar gelap. Keren bukan? Bercahaya di tengah kegelapan dengan motif tulisan atau gambar yang telah dibuat. Terlebih dengan perkembangan dunia fashion masa kini, sablon berbahan fosfor ini patuit dicoba, jika kamu ingin tampil keren dihadapan teman kamu atau kekasihmu. Tertarik untuk mencobanya?


0 komentar:

Posting Komentar